Home / Artikel Natuna Merupakan Wilayah Kedaulatan NKRI

Natuna Merupakan Wilayah Kedaulatan NKRI

Natuna Merupakan Wilayah Kedaulatan NKRI

Hankam

Senin, 06 Januari 2020

Ina Parliament Jakarta : Anggota Komisi I DPR RI Jazuli Juwaini menegaskan Indonesia memiliki hak berdaulat atas perairan Natuna berdasarkan Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa Tentang Hukum Laut (UNCLOS) yang diakui dunia. Untuk itu negara manapun harus menghormati kedaulatan NKRI termasuk China. 

 

"Natuna kedaulatan NKRI. Tidak ada selisih pandang terhadap Natuna sebagai wilayah NKRI dari perspektif hukum internasional. Klaim China atas Natuna adalah klaim sepihak yang melanggar hukum internasional. Tidak perlu ada negosiasi dan kompromi," tegas Jazuli dalam keterangan persnya kepada Parlementaria, Sabtu (4/1/2020).

 

Jazuli menilai tepat protes keras yang dilayangkan Menteri Luar Negeri dengan memanggil Duta Besar China dan Nota Diplomatik langsung ke Pemerintah China di Beijing. Menurut Jazuli, yang perlu ditekankan adalah setiap bentuk pelanggaran batas wilayah atas kedaulatan NKRI punya konsekuensi serius. 

 

"Penangkapan ikan oleh kapal-kapal nelayan China dan penerobosan yang dilakukan Coast Guard China itu ilegal, melanggar hukum internasional, termasuk keputusan SCS Tribunal 2016 yang telah mematahkan klaim unilateral Cina. Jika protes keras RI tidak digubris China, Pemerintah RI harus memastikan semua konsekuensi serius, tegas, dan terukur yang akan diterima China," pungkas Jazuli.

 

Menurut politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu, Indonesia dan China adalah dua negara bersahabat dan selama ini bekerja sama baik. Oleh karena itu Pemerintah China jangan mencari-cari masalah dengan mengusik kedaulatan Indonesia. 

 

"Sekali lagi bukan kita yang cari masalah. Kita inginnya bersahabat baik. Tapi kalau China cari masalah yang mengusik kedaulatan negara, kita akan jawab dengan tegas dengan seluruh cara, sarana, dan sumber daya at all cost," pungkas Jazuli. (Humas)

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Kontak

Head Office : Jl. Jend. Gatot Subroto Jakarta 10270.
Workshop : Jl. Kayumanis X no.8 Matraman Jakarta
( 021) 22986556 Fax. ( 021 ) 85905225 Hotline : 085256800088
085256800088
admin@inaparliamentmagazine.com / harling@inaparliamentmagazine.com