Home / Artikel Indonesia Berupaya Perkuat Kepemimpinan Dalam KSS

Indonesia Berupaya Perkuat Kepemimpinan Dalam KSS

Indonesia Berupaya Perkuat Kepemimpinan Dalam KSS

Politik

Minggu, 04 Maret 2018

Ina Parliament. Yogyakarta,

Kementerian Luar Negeri RI menyelenggarakan Seminar Nasional bertajuk “Strengthening Indonesia’s Leadership through South-South Triangular Cooperation” di Gedung BB Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol), Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Seminar kali ini merupakan bagian dari rangkaian roadshow dalam rangka peningkatan pemahaman masyarakat terhadap program Kerja Sama Selatan-Selatan Indonesia, dan telah sebelumnya telah dilaksanakan sebanyak 3 kali, yakni di Universitas Indonesia, Jakarta; Universitas Padjajaran, Bandung; dan Universitas Brawijaya, Malang.

Penyelenggaraan seminar yang diselenggarakan baru-baru ini, selain dalam rangka meningkatkan pemahaman masyarakat tentang komitmen dan kiprah Indonesia dalam memajukan kerja sama antar Negara berkembang atau Negara Selatan, juga bertujuan untuk memfasilitasi pertukaran gagasan dan pengalaman antar pemangku kepentingan multi-disipliner, seperti kalangan akademisi, para pelaku usaha dan kelompok masyarakat madani, untuk lebih memajukan peran Indonesia dalam kerangka Kerja Sama Selatan-Selatan (KSS).

“Penguatan peran dan kepemimpinan Indonesia dalam KSS akan terus menjadi prioritas Indonesia. KSS merupakan komitmen Indonesia untuk terus berkontribusi bagi kesejahteraan global dan pembangunan dunia,” ujar Mohammad Syarif Alatas, Direktur Kerja Sama Teknik, Kementerian Luar Negeri selaku Ketua Pelaksana Tim Koordinasi Nasional KSS Indonesia pada saat membuka acara.

Dengan dihadiri unsur wakil Pemerintah Daerah, para pelaku usaha, serta civitas akademika Perguruan Tinggi di Yogyakarta dan sekitarnya, seminar mengajak peserta untuk bersama-sama mengulas kiprah Indonesia dalam menghasilkan solusi-solusi bersama bagi pembangunan negara Selatan yang meliputi infrastruktur, pembangunan ekonomi, tata kelola pemerintahan, perlindungan sosial, pelayanan pendidikan dan kesehatan, pangan dan energi, lingkungan dan perubahan iklim, dan banyak lainnya.

“Centers of excellence yang dimiliki Indonesia hendaknya dapat berkembang dari semula sebagai unggulan komparatif menjadi unggulan kompetitif, dalam upaya penguatan peran Indonesia di KSS”, ungkap Fikry Cassidy, Kepala Pusat Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan Multilateral, Kementerian Luar Negeri, mewakili Tim Koordinasi Nasional KSS selaku salah satu narasumber​.

Tak hanya peran pemerintah, seminar menegaskan KSS sebagai isu penting bagi banyak pihak non-negara, seperti halnya pihak swasta, kelompok-kelompok swadaya masyarakat, hingga mahasiswa dan para akademisi sebagai perwakilan dari individu dalam isu Kerja Sama Selatan-Selatan. Hal ini dikarenakan KSS bukan hanya akan memberikan dampak positif dari segi hubungan antar negara, namun juga menawarkan peluang kerja sama dalam konteks people to people contact. (Ling)

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Kontak

Jl. Kayumanis X no.8 Matraman Jakarta
( 021) 22986556 Fax. ( 021 ) 85905225 Hotline : 085256800088
085256800088
admin@inaparliamentmagazine.com / harling@inaparliamentmagazine.com