Home / Artikel Sister City Jakarta – Hanoi

Sister City Jakarta – Hanoi

Sister City Jakarta – Hanoi

Sosial Budaya

Minggu, 01 April 2018

Ina Parliament. Hanoi,

Perkembangan hubungan kerja sama dan persahabatan (cooperative and friendship relation) antara Jakarta dan Hanoi telah dikukuhkan sejak tahun 2004 dengan fokus kerja sama pada sektor di bidang ekonomi, pendidikan, budaya, dan lingkungan. Penandatanganan memorandum kesepahaman sister-city menjembatani kesenjangan untuk mengembangkan kemitraan di masa depan.

Dengan tujuan untuk berbagi pengetahuan dan praktik terbaik dalam perencanaan kota dan mencari solusi efektif untuk masalah pengembangan tata ruang kota, Jakarta dan Hanoi mengembangkan kerja sama bilateral lebih lanjut dalam konteks baru, berkontribusi untuk memperkuat jalinan hubungan antara Indonesia dan Vietnam ke arah yang lebih modern.

Jakarta dan Hanoi bergantian mengirim delegasi masing-masing melalui City Officials Exchange Visit Program. Delegasi Jakarta mengunjungi Hanoi pada tanggal 26 - 30 Maret 2018 dan diterima oleh Vice Chairman of Hanoi City People’s Committee, Mr. Nguyen The Hung untuk mendapatkan pengetahuan dan berbagi praktik terbaik di bidang perencanaan dan manajemen kota berdasarkan pada applicability, practicality, effectiveness and non-duplication.

Kunjungan ini berfokus pada pengorganisasian proses perencanaan, renovasi kawasan kota tua dan bangunan terlantar, revitalisasi kawasan kota tua, kota hijau dan bangunan hijau, pembangunan kembali jalan perkotaan, dan mengamati daerah perkotaan utama Hanoi, serta proyek-proyek infrastruktur terkait, antara lain Bus Rapid Transit dan proyek urban railway. Delegasi Jakarta juga berkesempatan untuk bertukar pengalaman tentang kondisi pembangunan Mass Rapid Transit/ MRT di Jakarta.

Hingga tahun 2017 Jakarta telah memiliki kerja sama dengan 21 kota/ provinsi di luar negeri melalui penandatanganan MoU Kerja sama Sister City. Memperhatikan banyaknya manfaat dari kerja sama sister city, Jakarta aktif menanggapi tawaran kerja sama dengan kota-kota sister city tersebut dan pro aktif menjalin kerja sama di semua bidang dalam rangka memajukan pembangunan DKI Jakarta. (Q1Q1)

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Kontak

Jl. Kayumanis X no.8 Matraman Jakarta
( 021) 22986556 Fax. ( 021 ) 85905225 Hotline : 085256800088
085256800088
admin@inaparliamentmagazine.com / harling@inaparliamentmagazine.com