Home / Artikel Polri dan Kemenpan RB Kerja Sama Bangun Zona Integritas di Tubuh Polri

Polri dan Kemenpan RB Kerja Sama Bangun Zona Integritas di Tubuh Polri

Polri dan Kemenpan RB Kerja Sama Bangun Zona Integritas di Tubuh Polri

Hankam

Senin, 16 April 2018

Ina Parliament. Bandung,

Kapolri Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian PhD dan Menteri Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur menandatangani kerja sama membangun zona integritas di tubuh Polri untuk membersihkan praktik korupsi birokrasi di tubuh Polri serta reformasi yang digunakan untuk memenuhi tuntutan kehidupan berbangsa dan bernegara saat ini.

Penandatanganan dilakukan di Mapolda Jawa Barat (Jabar), Jalan Soekarno Hatta, Bandung, Jawa Barat, baru-baru ini. Acara tersebut dihadiri sejumlah Pejabat Utama Mabes Polri, seluruh Pejabat Utama Polda Jawa Barat serta jajaran Kapolres Polda Jawa Barat.

"Bagi Polri, ini sesuatu yang penting. Karena kita ketahui perlu memperbaiki institusi organisasi yang kita kenal reformasi, lebih spesifiknya reformasi birokrasi. Karena birokrasi jantung organisasi. Kuncinya di SDM (sumber daya manusia) dan birokrat. Makanya perlu juga reformasi di kepolisian," jelas Kapolri.

Mantan Kapolda Papua itu menjelaskan jika reformasi diperlukan untuk memenuhi tuntutan kehidupan berbangsa dan bernegara saat ini yang tengah menghadapi demokrasi ke masyarakat. Kapolri mendorong Polda dan Polres agar mambangun zona integritas melalui dua cara.

"Pertama bottom up. Melakukan perubahan dari bawah semaksimal mungkin untuk bebas korupsi, kemudian budaya melayani publik sebaik mungkin. Kemudian yang kedua, mekanisme top down, dibantu dari atas untuk menetapkan zonanya. Yang selama ini brengsek, banyak korupsi di pelayanan, diubah, diperbaiki. Perlu dukungan anggaran, dipenuhi," tegasnya..

Sementara itu, Menpan RB Asman Abnur menyebutkan perubahan ini berasal dari yang lama ke yang baru serta komitmen pimpinannya. "Kalau zona integritas ditetapkan, harus komit dengan capaian. Kalau Polresnya mencapai nilai WBK (wilayah bebas korupsi) tunjangan kinerjanya harus lebih besar dari Polres biasa. Lalu kalau mencapai nilai WBBM (wilayah birokrasi bersih dan melayani) harus dua kali lipat naiknya," ujar Asman Abnur. (Q1Q1)

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Kontak

Head Office : Jl. Jend. Gatot Subroto Jakarta 10270.
Workshop : Jl. Kayumanis X no.8 Matraman Jakarta
( 021) 22986556 Fax. ( 021 ) 85905225 Hotline : 085256800088
085256800088
admin@inaparliamentmagazine.com / harling@inaparliamentmagazine.com