Home / Artikel Presiden: “Jangan Kirim Bahan Mentah Karet ke Luar Negeri”

Presiden: “Jangan Kirim Bahan Mentah Karet ke Luar Negeri”

Presiden: “Jangan Kirim Bahan Mentah Karet ke Luar Negeri”

Ekonomi

Minggu, 10 Maret 2019

Ina Parliament. Banyuasin,

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan upaya lain yang dilakukan pemerintah untuk menaikkan harga karet di antaranya yakni mengurangi mengirim bahan mentah ke luar negeri.

“Saya sudah perintahkan juga kepada Menteri Perindustrian jangan kita terlalu banyak kirim itu barang bahan mentah ke luar negeri,” ujar Presiden saat Silaturahmi dengan Para Petani Karet Se-Provinsi Sumatra Selatan, di Pusat Penelitian Karet, Balai Pusat Penelitian Sembawa, Kabupaten Banyuasin, Sabtu (9/3).

Lebih lanjut, Presiden meminta agar dari sisi industri harus memiliki pabrik di sini, entah untuk ban, untuk barang-barang yang lainnya, sehingga tidak usah jauh-jauh menjual produk ini. “Karena kalau pasar dunia itu memang mengatur, senangnya mengatur. Kelihatan stoknya banyak, sudah tahan dulu, harga jatuh baru dia beli. Ini pasar-pasar di dunia mesti seperti itu cara mainnya,” Presiden menjelaskan mengenai pasar dunia yang belum normal.

Selain untuk aspal, menurut Presiden, pemerintah ingin segera memiliki industri-industri yang berkaitan dengan bahan baku karet. “Saya sudah paksa BUMN kita juga, yang ketiga, saya sudah paksa juga BUMN kita, entah itu PTP dan lain-lain, untuk membeli karet-karet yang ada di rakyat. Beli dengan harga yang baik, simpan dulu enggak apa-apa,” ujarnya.(Ling)

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Kontak

Head Office : Jl. Jend. Gatot Subroto Jakarta 10270.
Workshop : Jl. Kayumanis X no.8 Matraman Jakarta
( 021) 22986556 Fax. ( 021 ) 85905225 Hotline : 085256800088
085256800088
admin@inaparliamentmagazine.com / harling@inaparliamentmagazine.com