Home / Artikel Legislator Apresiasi Realisasi Anggaran Kementerian ESDM

Legislator Apresiasi Realisasi Anggaran Kementerian ESDM

Legislator Apresiasi Realisasi Anggaran Kementerian ESDM

Ekonomi

Senin, 06 Februari 2023

Ina Parliament Jakarta  Anggota DPR RI Komisi VII Yulian Gunhar mengapresiasi realisasi anggaran Kementerian ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral) yang mencapai target. Namun, apresiasi ini disertai catatan.

 

“Saya mengapresiasi realisasi anggaran Kementerian ESDM yang sudah terpenuhi (mencapai target-red). Hal tersebut bisa terlihat dari angka PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) yang meningkat, investasi yang terjaga, dan sektor Migas kembali naik, baik gas bumi atau pun sektor Migas lainnya. Dari sektor Minerba, kita mengalami peningkatan kurang lebih 867 juta ton ekspor Minerba,” ungkap Gunhar dalam rapat kerja Komisi VII DPR RI dengan Menteri ESDM, Arifin Tasrif, yang diikutinya lewat online, Kamis (2/2).

 

Meski demikian, ia juga memberikan sejumlah catatan kepada Kementerian ESDM. Sebelumnya Direktur Jenderal Minerba, Jamaludin pernah mengungkapkan kerugian negara akibat aktivitas ilegal yang setidaknya menyentuh angka Rp3,6 triliun. Namun, persoalan tersebut belum juga diselesaikan. Padahal, dalam rapat-rapat terdahulu pernah dibahas tentang bagaimana (cara) menyelesaikan permasalahan-permasalahan ini, antara lain pernah diusulkan agar dibentuk direktorat khusus penegakan hukum di Kementrian ESDM yang menangani pelanggaran energi dan minerba, tapi sampai saat ini hal tersebut belum juga dilakukan.

 

“Kita perlu untuk memberikan solusi secepat mungkin, mengingat berita-berita yang berkembang di masyarakat (baik itu dari majalah tempo atau pun media sosial lainnya), bahkan di media jelas disebutkan oknum-oknum pelakunya. Banyak sekali pelanggaran yang dilakukan terhadap penambang-penambang ilegal. Alangkah baiknya forum yang baik ini, saya mengusulkan kita untuk membentuk satuan tugas khusus dalam menyelesaikan persoalan-persoalan yang terkait dengan energi dan sumber daya mineral yang ada di republik ini. Karena kalau tidak kita atasi atau pun carikan solusi, sepertinya kita yang ada dalam ruangan ini baik Komisi VII atau pun Kementrian ESDM melakukan pembiaran terhadap pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan,” paparnya sambil berharap hal tersebut dapat segera diselesaikan. (Humas)

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Kontak

Head Office : Jl. Jend. Gatot Subroto Jakarta 10270.
Workshop : Jl. Kayumanis X no.8 Matraman Jakarta
( 021) 22986556 Fax. ( 021 ) 85905225 Hotline : 085256800088
085256800088
admin@inaparliamentmagazine.com / harling@inaparliamentmagazine.com