Home / Artikel Komisi VII Desak Pemerintah Segera Percepat Pipanisasi Gas

Komisi VII Desak Pemerintah Segera Percepat Pipanisasi Gas

Komisi VII Desak Pemerintah Segera Percepat Pipanisasi Gas

Ekonomi

Jum'at, 06 Maret 2020

Ina Parliament Jakarta : Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto mendesak Pemerintah mempercepat pembangunan infrastruktur jaringan pipa gas bumi atau pipanisasi. Menururnya, percepatan pipanisasi merupakan sebuah keharusan, mengingat kebutuhan gas belakangan ini sangat meningkat. Tidak hanya untuk rumah tangga, namun juga untuk kebutuhan gas industri.

 

“Kami mengunjungi PGN (Perusahaan Gas Negara) Tambak Aji, Semarang. Tepatnya di stasiun Gas Transportation Modules (GTM) milik PGN. GTM inilah yang membawa gas bumi dari sumbernya di Jawa Timur ke Semarang untuk digunakan melayani industri dan rumah tangga di Semarang,” ujar Sugeng saat memimpin Tim Kunker Reses Komisi VII DPR RI meninjau PGN Tambak Aji, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (4/3/2020).

 

Sayangnya gas bumi yang dibawa lewat jalur darat, dengan menggunakan GTM berupa tabung truk selain mengeluarkan biaya yang cukup besar, juga sangat berisiko. Oleh karena itu, Sugeng berharap rencana pipanisasi atau pembangunan pipa-pipa gas bumi segera dilakukan. Termasuk infrastruktur penunjang di dalamnya.

 

Untuk industri sendiri sebagaimana dijelaskan oleh pihak PGN Jateng, industri tidak mempermasalahkan harga yang ditawarkan suplier atau produsen. Industri lebih memikirkan ketersediaan barang. Sehingga berapa pun harga yang ditetapkan, industri pasti akan tetap membeli, asal stock atau ketersediaan barangnya cukup.

 

Sementara itu untuk rumah tangga, penggunaan gas lewat jargas (jaringan gas) dinilai politisi F-NasDem ini lebih murah dibanding harga gas elpiji dengan tabung dalam setiap bulannya. Sehingga ibu-ibu rumah tangga bisa menghemat sekitar 80 persen dibanding menggunakan gas tabung elpiji. (Humas)

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Kontak

Head Office : Jl. Jend. Gatot Subroto Jakarta 10270.
Workshop : Jl. Kayumanis X no.8 Matraman Jakarta
( 021) 22986556 Fax. ( 021 ) 85905225 Hotline : 085256800088
085256800088
admin@inaparliamentmagazine.com / harling@inaparliamentmagazine.com