Home / Artikel DPR Undang Parlemen China Hadiri WPFSD ke-2

DPR Undang Parlemen China Hadiri WPFSD ke-2

DPR Undang Parlemen China Hadiri WPFSD ke-2

Politik

Jum'at, 07 September 2018

Ina Parliament. Jakarta,

Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Korpolkam) Fadli Zon mengundang perwakilan Parlemen China untuk menghadiri World Parliamentary Forum on Sustainable Development Goals (WPFSD) yang akan diselenggarakan di Bali, pada 12-13 September 2018 mendatang. Hingga kini, setidaknya ada 44 negara yang mengkonfirmasi akan hadir.

 

“Kita berharap China juga bisa ikut berpartisipasi sebagai wujud dari diplomasi parlemen yang dilakukan oleh DPR,” kata Fadli saat menerima Wakil Duta Besar China Sun Weide di ruang kerjanya, Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat (07/9).

 

Meskipun Indonesia-China telah menjalin kerja sama dalam berbagai forum, namun menurut politisi Partai Gerindra itu, kehadiran China tentu sangat penting mengingat Agenda 2030 yakni Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan merupakan agenda global untuk menjawab berbagai permasalahan terkait kemiskinan,  kesenjangan,  dan perubahan iklim.

 

Dengan mengangkat topik energi bersih dan terjangkau atau goals nomor 7 dari SDGs,  forum atas inisiasi DPR RI ini diharapkan dapat membuka ruang untuk delegasi dari parlemen negara-negara sahabat untuk meningkatkan hubungan dan awareness terhadap masalah-masalah global seperti lingkungan hidup dan energi. “Sebab,  parlemen bisa menjadi jembatan antar masyarakat (people to people) dan government to government,” sambungnya.

 

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Dubes China Sun Weide menyampaikan rencana kunjungan Wakil Ketua Parlemen China dalam waktu dekat untuk meminta dukungan dari Indonesia, terkait rencana China yang ingin mencalonkan diri sebagai Ketua Inter-Parliamentary Union (IPU).(Harold)

 

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Kontak

Head Office : Jl. Jend. Gatot Subroto Jakarta 10270.
Workshop : Jl. Kayumanis X no.8 Matraman Jakarta
( 021) 22986556 Fax. ( 021 ) 85905225 Hotline : 085256800088
085256800088
admin@inaparliamentmagazine.com / harling@inaparliamentmagazine.com