Home / Artikel Wamen ATR/Waka BPN Resmikan Inovasi Layanan Tanpa Turun di Kantah Kabupaten Bekasi

Wamen ATR/Waka BPN Resmikan Inovasi Layanan Tanpa Turun di Kantah Kabupaten Bekasi

Wamen ATR/Waka BPN Resmikan Inovasi Layanan Tanpa Turun di Kantah Kabupaten Bekasi

Ekonomi

Kamis, 16 Februari 2023

Ina Parliament Jakarta  Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (Wamen ATR/Waka BPN), Raja Juli Antoni meresmikan Layanan Tanpa Turun atau Drive Thru di Kantor Pertanahan (Kantah) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, pada Senin (13/02/2023). Dalam kesempatan tersebut, ia juga meresmikan Pendopo Sopo Permata dan Koperasi Smart Jaya Abadi. 

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita serta penandatanganan prasasti oleh Wamen ATR/Waka BPN, yang didampingi oleh Staf Khusus Menteri ATR/Kepala BPN Bidang Manajemen Internal, Frederick Situmorang; Wakil Penasehat Utama Menteri ATR/Kepala BPN, Kevin Haikal; Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Provinsi Jawa Barat, Dalu Agung Darmawan; Pj. Bupati Bekasi, Dani Ramdan; dan Kepala Kantah Kabupaten Bekasi, Hiskia Simarmata. 

Usai peresmian, Wamen ATR/Waka BPN langsung meninjau loket layanan, inovasi, serta fasilitas penunjang lain untuk mendukung jalannya layanan di Kantah Kabupaten Bekasi. Selama peninjauan, ia didampingi Kepala Kantah Kabupaten Bekasi yang menjelaskan detail terkait inovasi layanan yang ada, seperti Sistem Kendali Akta (SISKA) dan Layanan Pintar Online (LAMPION).

Raja Juli Antoni pun mengapresiasi komitmen dari jajaran Kantah Kabupaten Bekasi dalam meningkatkan serta memperbaiki layanan pertanahan. Menurutnya, hal ini yang selalu digarisbawahi Menteri ATR/Kepala BPN, bahwa ujung tombak dari semua yang dilakukan di kementerian adalah pelayanan kepada masyarakat. "Tadi kita lihat misalnya ada layanan Drive Thru, aplikasi yang dibuat untuk memudahkan antrean, mengecek berkas, semua ini menggunakan proses digitalisasi yang sangat penting," tuturnya. 

Wamen ATR/Waka BPN juga berharap kepada Pemerintah Kabupaten Bekasi agar kerja sama yang telah terjalin dapat semakin erat. Ia berkata, hal ini diperlukan karena urusan pertanahan dapat menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang sangat baik. "Ketika kerja sama itu semakin baik, BPHTB (Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan, red) misalnya digratiskan atau disubsidi, tentunya akan menghasilkan lebih banyak lagi kesejahteraan bagi masyarakat," ungkapnya.

Pada kunjungan kali ini, Wamen ATR/Waka BPN juga menyerahkan secara langsung enam sertipikat tanah wakaf dan dua sertipikat Hak Pakai yang diperuntukkan bagi Mako Batalyon D Pelopor Satuan Brimob Polda Metro Jaya. "Kami juga menyerahkan sertipikat instansi pemerintah, juga tanah wakaf, masjid, musala. Juga teman-teman dari kepolisian yang sudah 27 tahun menunggu proses sertipikasi, hari ini Alhamdulillah sudah kita serahkan," tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Kanwil BPN Provinsi Jawa Barat, Dalu Agung Darmawan berpesan kepada jajaran Kantah Kabupaten Bekasi agar terus dapat memberikan layanan prima kepada masyarakat melalui sejumlah inovasi. "Dengan inovasi yang ada seperti aplikasi tadi, tentu bisa memberikan pencerahan kepada masyarakat terkait dengan apa yang harus dilakukan masyarakat terkait layanan yang ada di Kabupaten Bekasi," ujarnya.

Atas inovasi yang terus dikembangkan dalam layanan pertanahan, Pj. Bupati Bekasi, Dani Ramdan mengutarakan apresiasinya. Ia menilai, hal tersebut memberikan dampak positif bagi masyarakat dan pembangunan Kabupaten Bekasi. "Karena pertanahan menjadi tulang punggung bahkan dari segi pendapatan daerah pun jadi primadona di Kabupaten Bekasi, karena tanah tidak bertambah, di situlah manajemen diperlukan," ujar Dani Ramdan. (Humas)

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Kontak

Head Office : Jl. Jend. Gatot Subroto Jakarta 10270.
Workshop : Jl. Kayumanis X no.8 Matraman Jakarta
( 021) 22986556 Fax. ( 021 ) 85905225 Hotline : 085256800088
085256800088
admin@inaparliamentmagazine.com / harling@inaparliamentmagazine.com