Home / Artikel Satgas Lawan Covid-19 Apresiasi Penerapan Protokol Kesehatan di Bandara Soetta

Satgas Lawan Covid-19 Apresiasi Penerapan Protokol Kesehatan di Bandara Soetta

Satgas Lawan Covid-19 Apresiasi Penerapan Protokol Kesehatan di Bandara Soetta

Sosial Budaya

Selasa, 26 Mei 2020

Ina Parliament Jakarta : Koordinator Satgas Lawan Covid-19 DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengapresiasi penerapan protokol kesehatan di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) dalam rangka mengantisipasi sebaran virus corona. Ia berharap protokol kesehatan yang sudah diterapkan tersebut bisa terus konsisten dan berjalan baik menuju kehidupan normal yang baru atau new normal.

 

“Kami mengapresiasi semua pihak terkait di bandara. Kalau kemarin sempat viral ada penumpukan penumpang, namun pada hari ini memang selain karena  frekuensinya agak sepi, protap (prosedur tetap) penanganan Covid-19 tadi sudah dilakukan dengan benar. Ada pemeriksaan yang ketat baik dari sisi administrasi maupun sisi kesehatan,” ujar Sufmi Dasco kepada awak media, Sabtu (23/5/2020).

 

Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Ekonomi dan Keuangan (Korekku) ini menjelaskan protap yang diterapkan di Bandara Soetta, dimana calon penumpang diatur berdiri, duduk dan diatur untuk mengikuti prosedur tes kesehatan. Apabila terindikasi terpapar Covid-19, maka kemudian penumpang tersebut akan segera dikarantina. “Segala sesuatunya sudah diatur dengan baik,” imbuh politisi Fraksi Partai Gerindra ini.

 

Kepada seluruh maskapai penerbangan, Dasco mengingatkan agar tetap ketat menerapkan protap Covid-19 sebagaimana yang sudah dilakukan maskapai Garuda Indonesia. “Tadi, kami juga berbincang-bincang dengan kru Garuda Indonesia, mereka sudah membuat protap tentang jumlah penumpang serta jarak antar penumpang, tempat duduk di dalam  pesawat.  Kami berharap semua maskapai bisa membuat protap yang sama,” tandasnya.

 

Tak kalah penting Dasco meminta agar seluruh pihak dapat membuat tatanan hidup baru atau membuat suasana normal yang baru dengan tetap mengindahkan protokol kesehatan atau protap Covid-19 yang ketat. Berkaca dari protap yang sudah diterapkan saat ini, ia menilai Bandara Soekarno-Hatta sudah siap menuju kehidupan normal yang baru atau ‘new normal’.

 

“Namun, perlu diantisipasi lagi mungkin jumlah penumpang yang akan pergi maupun kembali. Perlu dikalkulasi lagi jumlah petugas maupun check point-check point yang disiapkan baik itu untuk kesehatan maupun untuk administrasinya. Kami juga mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri kepada seluruh petugas seluruh masyarakat dan tetap degan pola hidup sehat, protokol pencegahan Covid-19 yang ketat, pakai masker, cuci tangan dan jaga jarak,” pungkas Dasco.

 

Sebagaimana diketahui Satgas Lawan Covid-19 DPR RI melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Sabtu (23/5/2020) siang, dalam rangka melihat langsung prosedur dan protap Covid-19 yang diterapkan di Terminal 2 dan Terminal 3 bandara.

 

Turut hadir dalam sidak tersebut Anggota Satgas Lawan Covid-19 DPR RI Arteria Dahlan (F-PDI Perjuangan), Emanuel Melkiades Laka Lena (F-Golkar), Andre Rosiade, Habiburokhman, Wihadi Wiyanto, Bambang Haryadi (F-Gerindra), Charles Meikyansyah dan Fauzi H. Amro (F-Nasdem). (Humas)

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Kontak

Head Office : Jl. Jend. Gatot Subroto Jakarta 10270.
Workshop : Jl. Kayumanis X no.8 Matraman Jakarta
( 021) 22986556 Fax. ( 021 ) 85905225 Hotline : 085256800088
085256800088
admin@inaparliamentmagazine.com / harling@inaparliamentmagazine.com