Home / Artikel Satelit Nusantara Satu Diluncurkan, Presiden: Layanan Internet Akan Jangkau Seluruh Kepulauan

Satelit Nusantara Satu Diluncurkan, Presiden: Layanan Internet Akan Jangkau Seluruh Kepulauan

Satelit Nusantara Satu Diluncurkan, Presiden: Layanan Internet Akan Jangkau Seluruh Kepulauan

Ilmu Pengetahuan

Minggu, 24 Februari 2019

Ina Parliament. Jakarta,

Satelit Nusantara Satu secara resmi diluncurkan secara langsung dari Stasiun Angkatan Udara Cape Caneveral, Florida, Amerika Serikat, Jumat (22/2) atau pada hari Kamis sekitar pukul 8.45 waktu setempat.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung menyambut antusias peluncuran satelit tersebut. “Tepat pukul 8.45 pagi WIB kemarin, roket SpaceX Falcon 9 lepas landas ke angkasa dari Cape Canaveral Florida, Amerika Serikat, membawa Satelit Nusantara Satu milik Indonesia ke orbit bumi. Layanan internet dari satelit ini akan menjangkau seluruh kepulauan Indonesia,” tulis Presiden Jokowi melalui akun twitternya @jokowi yang diunggahnya kemarin.

Direktur Utama PT. Pasifik Satelit Nusantara (PSN) Adi Rahman Adiwoso mengatakan, satelit Nusantara Satu ini akan mulai beroperasi pada April 2019 mendatang. Adi berharap, satelit ini sebagai upaya dalam mengurangi kesenjangan jaringan komunikasi internet cepat di Tanah Air.

“Kebutuhan internet atau broadband sangat tinggi, kami memperkirakan ada 25 ribu desa yang tidak memiliki koneksi komunikasi internet memadai. Jadi, target kami untuk membantu mencakup mereka,” kata Adi sebelum proses peluncuran dilakukan.

Satelit Nusantara Satu ini akan disewa oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Hal ini sesuai dengan target BAKTI untuk memberikan fasilitas dan kebutuhan internet di wilayah yang tidak terjangkau kabel serat optik. BAKTI akan menggunakan layanan satelit PSN ini selama lima tahun ke depan sambil menunggu diselesaikannya Satelit Multifungsi Pemerintah yang ditargetkan selesai pada tahun 2023.(Ling)

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Kontak

Head Office : Jl. Jend. Gatot Subroto Jakarta 10270.
Workshop : Jl. Kayumanis X no.8 Matraman Jakarta
( 021) 22986556 Fax. ( 021 ) 85905225 Hotline : 085256800088
085256800088
admin@inaparliamentmagazine.com / harling@inaparliamentmagazine.com