Home / Artikel Program Jaksa Menyapa

Program Jaksa Menyapa

Program Jaksa Menyapa

Hankam

Selasa, 25 September 2018

Ina Parliament. Jakarta,

Kejaksaan Agung  menegaskan, proses penegakan hukum berbeda dengan industri. Kalau industri semakin banyak yang dihasilkan dikatakan berhasil. Tetapi dalam penegakan hukum, Kejaksaan Agung mengajak masyarakat mengubah pola pikir agar mampu menurunkan tingkat kejahatan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Inilah yang kita sebut kita komitmen bersama-sama sebagai sebuah keberhasilan penegakan hukum,” kata Jaksa Agung Muda (JAM) Intelijen Dr. Jan S. Maringka dalam Forum Tematik Bakohumas “Menjaga NKRI Melalui Program Jaksa Menyapa dan Situs Jaga Negeri,” di Hotel Atlet Century, Jakarta, Selasa (25/9) pagi.

Terkait dengan perubahan paradigma itu, menurut JAM Intelijen, intel bukan lagi yang menakutkan, tapi intel yang menyatukan, mampu menimbulkan rasa aman, dan mampu merubah imej dari kejaksaan bukan lagi sekadar menahan dan menangkap orang tapi juga mampu meningkatkan kesadaran masyarakat.

“Ada program-program yang sifatnya bukan lagi defensif, sekali lagi penegakan hukum bukan lagi menangkap tapi kita juga mengajak masyarakat sadar hukum khususnya dengan program-program yang ada,” ungkap Jan S. Maringka.

Untuk itu, lanjut JAM Intelijen itu, pada Rapat Kerja Nasional Kejaksaan Agung tahun 2017 telah diluncurkan Program Jaksa Menyapa bekerja sama dengan RRI (Radio Republik Indonesia), mulai Januari 2018. “Program tersebut disiarkan setiap hari Kamis untuk skala nasional,” ujarnya.

Selain itu, ada juga Situs Jaga Negeri, sebuah situs yang isinya kegiatan-kegiatan unggulan yang menjadi pintu masuk publik mengenai kegiatan-kegiatan yang dilakukan kejaksaan saat itu. Karena itu didalamnya ada menu-menu yang penting, ada tentang TP4, tentang Tabur (Tanggap Buronan) 31.1.

Melalui Situs Jaga Negeri ini, menurut JAM Intelijen Jan S. Maringka, masyarakat juga bisa melaporkan adanya potensi untuk memecah belah NKRI.Karena itu, melalui Situ Jaga Negeri, diharapkan bisa menjadi pintu masuk dari masyarakat untuk melaporkan deteksi dini dari kejahatan.

“Kalau tidak ada partisipasi dari masyarakat informasi dari masyarakat maka akan sulit bagi kita karena jumlah kita hanya puluhan ribu di seluruh Indonesia. Dengan adanya program-program ini harapannya bagaimana bisa kita menjaga dan membela keutuhan NKRI ini, bisa membantu persatuan dan kesatuan,” ucap Jan S. Maringka. Ada lagi di situs ini tabur 31.1. Tabur ini merupakan program tangkap buronan. Dalam situs ini masyarakat bisa dengan mudah melihat hukum dan tugas-tugas kejaksaan.(Harold)

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Kontak

Head Office : Jl. Jend. Gatot Subroto Jakarta 10270.
Workshop : Jl. Kayumanis X no.8 Matraman Jakarta
( 021) 22986556 Fax. ( 021 ) 85905225 Hotline : 085256800088
085256800088
admin@inaparliamentmagazine.com / harling@inaparliamentmagazine.com