Menteri ATR/Kepala BPN Pastikan Pelayanan Pertanahan Akhir Pekan Berlangsung di Provinsi D.I. Yogyakarta

Menteri ATR/Kepala BPN Pastikan Pelayanan Pertanahan Akhir Pekan Berlangsung di Provinsi D.I. Yogyakarta

Ina Parliament Jakarta  Sejak diluncurkan pada momentum Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang berlangsung beberapa waktu silam, Pelayanan Pertanahan Akhir Pekan (PELATARAN) langsung diterapkan di Kantor-kantor Pertanahan yang memiliki rata-rata jumlah layanan

di atas 2.000 berkas per bulan. Seperti halnya di Kantor Pertanahan Kabupaten Sleman dan Kabupaten Bantul.

Untuk melihat jalannya program tersebut, dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi D.I. Yogyakarta, pada Sabtu (30/07/2022), Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hari Tjahjanto mengunjungi dua Kantor Pertanahan tersebut. "Sekarang sudah dibuka loket prioritas pelayanan untuk masyarakat," ucap Hadi Tjahjanto usai melakukan peninjauan.

"Program PELATARAN ini akan dilakukan layanan pada Sabtu dan Minggu, mulai pukul 08.00 sampai dengan 12.00 waktu setempat. Ada sebanyak 107 Kantah yang akan menjalankan program ini, di antaranya yang saat ini saya kunjungi Kantah Kabupaten Sleman dan Bantul," tambahnya

Dengan dibukanya pelayanan akhir pekan, menurut Hadi Tjahjanto sangat perlu dilakukan, mengingat Kementerian ATR/BPN sebagai lembaga pelayan masyarakat harus memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. "Saya imbau kepada masyarakat untuk mengurus sendiri tanahnya, jangan ragu tidak dilayani," imbau Menteri ATR/Kepala BPN.

Selain meninjau layanan akhir pekan, Menteri ATR/Kepala BPN juga melakukan dialog dengan para pemohon serta menyaksikan secara langsung penyerahan produk layanan prioritas kepada pemohon yang datang. "Bagi masyarakat yang memiliki keterbatasan waktu dalam mengajukan pelayanan pertanahan sesuai jam kerja Kantor Pertanahan, maka pelayanan pertanahan juga dibuka pada akhir pekan, yakni hari Sabtu dan Minggu," ungkap Menteri ATR/Kepala BPN. 

Pada kesempatan yang sama, Menteri ATR/Kepala BPN, Hadi Tjahjanto bersama Pembina Ikatan Istri Karyawan dan Karyawati (IKAWATI) Kementerian ATR/BPN, Nanny Hadi Tjahjanto mengunjungi stan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) binaan Kantor Pertanahan Kabupaten Sleman dan Kabupaten Bantul. 

Turut mendampingi Menteri ATR/Kepala BPN, beberapa Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama di lingkungan Kementerian ATR/BPN; Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi D.I. Yogyakarta, Suwito beserta jajaran Kantor Pertanahan Kabupaten Sleman dan Bantul. (Humas)

Sumber : http://inaparliamentmagazine.com/menteri-atr-kepala-bpn-pastikan-pelayanan-pertanahan-akhir-pekan-berlangsung-di-provinsi-d-i-yogyakarta-detail-443593