Karya UKM Indonesia Tampil di Kota Rennes, Prancis

Karya UKM Indonesia Tampil di Kota Rennes, Prancis

ina Parliament. Paris,

Dengan mengusung stand Indonesia, KBRI Paris kembali berpartisipasi pada Pameran Pariwisata edisi ke-22 Salon International du Tourisme (SIT) de Rennes yang berlangsung baru-baru ini di Parc Expo Rennes, seluas 6.000 m². Pameran ini diikuti 438 peserta stand dari berbagai sektor pariwisata, baik tour operator/agen perjalanan, hotel/villa/camping, penyewaan kendaraan wisata, taman bermain/wisata sejarah, hingga maskapai penerbangan/pelayaran. Selain Indonesia, turut hadir sejumlah negara seperti Kanada, Vietnam, India, Iran, Tanzania, dan Republik Dominika, serta pelaku industri wisata nasional Prancis. Berdasarkan data dari Office de Justification des Statistique, pameran ini dihadiri 38.924 pengunjung.

Stand Indonesia menghadirkan dua potensi Indonesia, yaitu pariwisata dan produk kerajinan (handicraft) yang memperkenalkan UKM khas Indonesia. Promosi pariwisata di Stand Indonesia turut melibatkan tour operator dari Prancis, yaitu Garuda Indonesia Holiday France, Spot My Dive, Mon Prochain Voyage, dan Raja Ampat Dive Lodge/Grand Komodo, yang menjual paket wisata ke Indonesia selama pameran SIT Rennes. Pengunjung dapat memperoleh informasi mengenai destinasi wisata di Indonesia melalui media touch screen interaktif, video, brosur Archipel des Songes, dan flyer mengenai 100 agenda festival seni dan budaya pada tahun 2018 (100 Wonderful Indonesia).

Selama kegiatan tersebut juga dilakukan presentasi mengenai destinasi pariwisata Indonesia kepada para pengunjung pameran. Selain itu, Indonesia memeriahkan acara di panggung utama dengan mempersembahkan Tari Merak dari Jawa Barat serta lagu-lagu tradisional Indonesia yang dibawakan mahasiswa-mahasiswa Indonesia di Rennes. Kemudian, acara disemarakkan pula dengan kuis berhadiah berisi pertanyaan mengenai pengetahuan umum Indonesia yang berhadiah kerajinan tangan khas Indonesia seperti wayang, topeng, syal dan kain batik. 

Di sela-sela kegiatan SIT Rennes ini, KBRI Paris juga melakukan pembinaan masyarakat Indonesia di Prancis. Untuk itu, diselenggarakanlah pertemuan Duta Besar RI dengan masyarakat Indonesia di Rennes dan mahasiswa yang tergabung dalam Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Rennes. Pada kesempatan tersebut, Duta Besar RI menyampaikan program pembangunan Pemerintah Indonesia guna meningkatkan kesejahteraan rakyat. Duta Besar berpesan juga agar para mahasiswa memiliki visi dan misi yang jelas dan terarah agar pendidikan yang ditempuh di Prancis bisa berguna bagi masyarakat dan bangsa Indonesia. (Fit)

Sumber : http://inaparliamentmagazine.com/karya-ukm-indonesia-tampil-di-kota-rennes-prancis-detail-61395