Home / Artikel Presiden Minta Kepala Desa Sadarkan Masyarakat, Indonesia Negara Besar, Majemuk Tapi Satu

Presiden Minta Kepala Desa Sadarkan Masyarakat, Indonesia Negara Besar, Majemuk Tapi Satu

Presiden Minta Kepala Desa Sadarkan Masyarakat, Indonesia Negara Besar, Majemuk Tapi Satu

Sosial Budaya

Senin, 14 Mei 2018

Ina Parliament. Jakarta,

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan kembali, Indonesia adalah negara besar, yang memiliki 260 juta penduduk yang tersebar di 17.000 pulau, dari Sabang sampai Merauke, dari Pulau Miangas sampai Pulau Rote.

“Kita memiliki 714 dengan dengan 1.100 lebih bahasa daerah yang berbeda-beda. Berbeda-beda adat, berbeda-beda tradisi, berbeda-beda bahasa daerah,” kata Presiden Jokowi pada sambutannya saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pembinaan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Pusat dan Daerah Tahun 2018, di Hall D-2, JI-Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (14/5) pagi.

Presiden menilai, inilah anugerah Tuhan, anugerah Allah yang diberikan kepada bangsa kita Indonesia, berbeda-beda, beragam, majemuk tetapi kita tetap satu dalam bingkai negara kesatuan republik Indonesia.

Kita memiliki 514 kota dan kabupaten, memiliki 34 provinsi, dan  memiliki 74.957 desa,” ungkap Presiden seraya menambahkan, betapa negara kita ini memang sebuah negara yang besar, negara yang majemuk, negara yang berbeda-beda. “Inilah yang harus kita sadarkan kepada masyarakat kita,” tututr Presiden Jokowi.

Presiden membandingkan dengan Singapura yang hanya memiliki empat suku, sementara Indonesia 714. Afghanistan, lanjut Presiden, memiliki tujuh suku. “Inilah tugas bapak ibu dan saudara-saudara untuk menjelaskan kepada rakyat bahwa kita ini berbeda-beda, berbeda-beda suku, berbeda-beda agama, berbeda tradisi, berbeda adat, berbeda bahasa daerah.

Presiden menegaskan, hal itu harus terus dipahamkan kepada rakyat, dan para kepala desa semuanya ada pada ujung yang paling depan untuk memberi tahu masyarakat betapa kita berbeda-beda.

“Jangan lupa memberi tahu itu. Oleh sebab itu, jangan sampai hanya gara-gara pilihan bupati, gara-gara pilihan wali kota gara-gara pilihan gubernur, gara-gara pilihan presiden kita kni menjadi retak. Tidak boleh,” tutur Presiden. Berbeda pilihan itu, lanjut Presiden, silakan Ini adalah pesta demokrasi.

“Beda pilihan bupati silakan, beda pilihan wali kota silakan, beda pilihan gubernur silikan, beda pilihan presiden juga silakan enggak apa-apa tapi yang hatus diingat, yang harus dijngat, kita jni adalah saudara sebangsa dan setanah air,” tegas Presiden.

Presiden meminta para kepala desa terus mengingatkan rakyat, jangan sampai karena pilihan bupati antar tetangga tidak saling menyapa. “Jangan sampai karena berbeda pilihan gubernur dengan teman tidak saling menyapa. Jangan sampai karena beda pilihan presiden antar kampung tidak saling menyapa. Jangan,” ujarnya. Jangan sampai, lanjut Presiden,  dikompor-kompori, dipanas-panasi tidak menyapa antar kampung, antar tetangga. Ia menegaskan, rugi besar bangsa ini kalau hal-hal tersebut kita terus-teruskan.

“Ajarkan, berikan pembelajaran kepada masyarakat kedewasaan politik, kematangan dalam berpolitik, etika dalam berpolitik, sopan-santun dalam berpolitik. Ini tugas saudara-saudara semunya karena bapak ibu saudara-saudara semuanya betul-betul berada paling ujung terdepan dalam melaksanakan tugas ini,” tutur Presiden. (Harold)

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Kontak

Head Office : Jl. Jend. Gatot Subroto Jakarta 10270.
Workshop : Jl. Kayumanis X no.8 Matraman Jakarta
( 021) 22986556 Fax. ( 021 ) 85905225 Hotline : 085256800088
085256800088
admin@inaparliamentmagazine.com / harling@inaparliamentmagazine.com