Home / Artikel Presiden Jokowi: Semua Negara Alami Pelemahan Kurs

Presiden Jokowi: Semua Negara Alami Pelemahan Kurs

Presiden Jokowi: Semua Negara Alami Pelemahan Kurs

Ekonomi

Senin, 30 April 2018

Ina Parliament. Jakarta,

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, fundamental ekonomi Indonesia saat ini baik. Ada growth dan pertumbuhan. Menurut Presiden, inflasi juga bisa dikendalikan kurang lebih 3,5 persen, kemudian juga ekspor masih baik dan defisit neraca juga semakin baik.

“Ya artinya, fundamental makro kita baik,” kata Presiden Jokowi menjawab wartawan usai membuka Musyawarah Perencanaan  Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Tahun 2018 di Puri Agung Ballroom Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Senin (30/4) pagi.

Soal pelemahan nilai tukar Rupiah yang pada hari-hari terakhir ini mendekati angka Rp14.000 per Dollar AS, Presiden Jokowi mengatakan, urusan kurs ini hampir terjadi di semua negara. Ia mengatakan, ini fenomena pasar global yang semua negara juga mengalami, semua negara juga sedang bergejolak.

“Kursnya, kena dampak dari kebijakan-kebijakan terutama dikenaikan suku bunga di Amerika Serikat,” ujar Presiden Jokowi. Namun demikian, Presiden Jokowi memastikan, pemerintah tidak akan intervensi urusan moneter karena ini nanti kebijakannya ada di Bank Indonesia (BI).

Mengenai kemungkinan penyesuaian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2018 terkait dengan perkembangan nilai tukar rupiah, Presiden Jokowi mengatakan, nanti siang akan ada rapat KKSK (Komite  Kebijakan Sektor Keuangan).

“Nanti  tolong ditanyakan ke Gubernur BI atau ke Menteri Keuangan, ya,” pinta Presiden Jokowi.(Hans)

 

 

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Kontak

Head Office : Jl. Jend. Gatot Subroto Jakarta 10270.
Workshop : Jl. Kayumanis X no.8 Matraman Jakarta
( 021) 22986556 Fax. ( 021 ) 85905225 Hotline : 085256800088
085256800088
admin@inaparliamentmagazine.com / harling@inaparliamentmagazine.com