Home / Artikel Pengelolaan Kebun Tebu Harus Hasilkan Gula Berkualitas

Pengelolaan Kebun Tebu Harus Hasilkan Gula Berkualitas

Pengelolaan Kebun Tebu Harus Hasilkan Gula Berkualitas

Politik

Kamis, 07 Februari 2019

Ina Parliament. Situbondo,

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Azam Azman Natawijana menilai pengelolaan kebun tebu harus mampu menghasilkan gula berkualitas, sehingga dapat meningkatkan harga jual eskpor. PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI sebagai salah satu BUMN dengan komoditas tunggal gula, harus mampu bersaing dengan produk gula yang dihasilkan oleh perusahaan perkebunan swasta, baik di Jawa, Sumatera, dan Kalimantan. 

 

“Intinya adalah pengelolaan perkebunan (on-farm) oleh PTPN XI harus disesuaikan dengan kondisi tanah dan kesuburan tanah yang sesuai dengan komoditas masing-masing, sehingga dapat menghasilkan komoditas gula yang berkualitas baik,” tutur Azam dalam sambutannya saat pertemuan Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi VI DPR RI dengan direksi PTPN XI, di Pabrik Gula (PG) Asembagus, Situbondo, Jawa Timur, Rabu (06/2). 

 

Politisi Partai Demokrat ini mengimbau kepada PTPN XI untuk meningkatkan bidang-bidang usaha PTPN XI sesuai dengan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan manajemen perusahaan. PTPN XI diminta fokus pada beberapa komoditas produk unggulan perusahaan yang dari sisi biaya produksi sangat efisien dan relatif rendah. 

 

“Dengan diselesaikannya revitalisasi PG Asembagus ini, Komisi VI tentunya berharap adanya penyerapan tebu dari petani lokal yang lebih tinggi dari sebelumnya. Seperti diketahui sektor pertanian merupakan salah satu sektor penting dalam perekonomian Indonesia sampai saat ini,” ungkap legislator daerah pemilihan Jawa Timur III ini. (Q1Q1)

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Kontak

Head Office : Jl. Jend. Gatot Subroto Jakarta 10270.
Workshop : Jl. Kayumanis X no.8 Matraman Jakarta
( 021) 22986556 Fax. ( 021 ) 85905225 Hotline : 085256800088
085256800088
admin@inaparliamentmagazine.com / harling@inaparliamentmagazine.com