Home / Artikel Parlemen Harus Terus Berinovasi Ringankan Beban Masyarakat

Parlemen Harus Terus Berinovasi Ringankan Beban Masyarakat

Parlemen Harus Terus Berinovasi Ringankan Beban Masyarakat

Politik

Senin, 24 Agustus 2020

Ina Parliament Jakarta : Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani menyebut parlemen perlu melakukan terobosan agar bisa meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Hal tersebut disampaikan Puan saat berpidato dalam acara Inter-Parliamentary Union (IPU) 5th World Conference of Speakers of Parliament yang berlangsung secara virtual pada 19-20 Agustus 2020.

 

Puan menekankan, di tengah kekhawatiran rakyat dan beban ekonomi yang bertambah, parlemen harus menunjukkan bahwa pihaknya tidak akan berhenti sejenak pun serta terus bekerja untuk rakyat. Selain itu, dirinya menghimbau kepada segenap Anggota Parlemen untuk semakin cepat dalam menghasilkan undang-undang yang dapat membantu mengatasi dampak pandemi Covid-19, di samping harus tetap menyerap aspirasi rakyat.

 

“Justru di saat seperti inilah mereka (rakyat-red) ingin merasa lebih dekat dekat parlemen untuk menyampaikan aspirasinya. Karena itu, diperlukan terobosan-terobosan dalam cara kerja parlemen di tengah pandemi Covid-19," tutur perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI tersebut, di Ruang Rapat Pimpinan, Gedung Nusantara III DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (20/8/2020).

 

Lebih lanjut, Puan menyebut terobosan untuk membuat kehadiran parlemen lebih dirasakan menjadi hal penting dalam upaya menjaga kepercayaan masyarakat. Menurutnya, kehadiran parlemen yang memberi dampak positif inilah yang akan membuat masyarakat memandang parlemen sebagai institusi yang tetap relevan dalam kehidupan mereka.

 

Sejumlah terobosan itulah yang disebut Puan telah dilakukan oleh DPR RI untuk bisa tetap mendengar aspirasi dan membantu mengatasi bertambahnya persoalan yang dirasakan masyarakat Tanah Air akibat pandemi Covid-19 ini. Di Indonesia sendiri, anggota parlemen sudah menggunakan cara-cara baru di dalam kenormalan baru untuk memastikan tugas DPR dapat terus berjalan dengan lancar dan produktif, termasuk menggunakan kombinasi metode virtual dan tatap muka dalam pelaksanaan rapat.

 

"Kami juga telah mengembangkan Sistem Informasi Legislasi di website DPR yang dapat dengan mudah digunakan oleh siapa pun yang mengaksesnya. DPR juga hadir di media sosial dalam bentuk saluran layanan pengaduan mobile dan online agar rakyat dapat lebih mudah menyampaikan aspirasinya," ucap politikus partai PDI Perjuangan itu.

 

Kendati demikian, Puan menyebut DPR akan terus melakukan inovasi dan terobosan demi memberi dampak positif bagimasyarakat. "Badan Legislasi DPR juga telah menggunakan mekanisme partisipasi publik online dalam pembahasan RUU yang menjadi usulan DPR. Para pakar, akademisi, think-tank, dan organisasi masyarakat bisa mengambil bagian dalam proses ini. Kami di Indonesia yakin bahwa masih banyak lagi cara-cara baru yang diterapkan untuk menjembatani kesenjangan antara parlemen dengan rakyat," tutup Puan. (Humas)

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Kontak

Head Office : Jl. Jend. Gatot Subroto Jakarta 10270.
Workshop : Jl. Kayumanis X no.8 Matraman Jakarta
( 021) 22986556 Fax. ( 021 ) 85905225 Hotline : 085256800088
085256800088
admin@inaparliamentmagazine.com / harling@inaparliamentmagazine.com