Home / Artikel Pangkas Rute, Legislator Dorong Garuda Berikan Subsidi Silang

Pangkas Rute, Legislator Dorong Garuda Berikan Subsidi Silang

Pangkas Rute, Legislator Dorong Garuda Berikan Subsidi Silang

Ekonomi

Kamis, 28 November 2019

Ina Parliament Jakarta : Manajemen PT. Garuda Indonesia Tbk melalui Direktur Operasi Garuda, Bambang Adisurya Angkasa saat kesempatan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi V DPR RI, Senin (25/11/2019) yang lalu mengakui adanya rencana pengurangan bahkan penutupan sejumlah rute Garuda Indonesia di wilayah Timur Indonesia. Bambang mengungkapkan, alasan di balik rencana penutupan sejumlah rute itu sebagai bagian dari strategi bertahan di tengah tekanan di sektor penerbangan domestik.

 

Hal itu pun ditanggapi secara serius oleh Parlemen. Anggota Komisi V DPR RI Muhammad Aras mendorong Garuda Indonesia sebagai maskapai penerbangan BUMN yang ‘berplat merah’ ini memberikan solusi berupa subsidi silang. Apalagi, sambung Aras, sebentar lagi menjelang datangnya perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 dimana sebagian besar masyarakat Indonesia timur merupakan yang paling banyak merayakan Natal.

 

“Kita harapkan ada pelayanan subsidi silang untuk wilayah timur Indonesia. Kalau malah dihilangkan, justru masyarakat Indonesia timur akan semakin terpuruk. Mereka tidak akan bisa lagi mengembangkan bisnisnya lagi. Apalagi, menjelang Natal dan Tahun Baru yang paling banyak merayakan Natal dan Tahun Baru adalah sebagian besar masyarakat di Indonesia Timur,” ujar Aras saat diwawancarai Parlementaria di Gedung Nusantara I, Senayan Jakarta, Selasa (26/11/2019).

 

Lebih lanjut, legislator dapil Sulawesi Selatan II ini menyerukan Kementerian Perhubungan untuk membantu menyelesaikan persoalan ini. “Berkaitan dengan Garuda Indonesia yang sudah berencana mulai memangkas beberapa rute, kemarin kita bersyukur bahwa Menhub akan membuka keran untuk persaingan secara kompetitif terhadap penjualan avtur. Agar, harga avtur ini tidak ditentukan oleh hanya satu instansi saja dalam hal ini Pertamina,” tandas politisi Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu. (Humas)

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Kontak

Head Office : Jl. Jend. Gatot Subroto Jakarta 10270.
Workshop : Jl. Kayumanis X no.8 Matraman Jakarta
( 021) 22986556 Fax. ( 021 ) 85905225 Hotline : 085256800088
085256800088
admin@inaparliamentmagazine.com / harling@inaparliamentmagazine.com