Home / Artikel Lima Stasiun LRT Dioperasikan untuk Asian Games 2018

Lima Stasiun LRT Dioperasikan untuk Asian Games 2018

Lima Stasiun LRT Dioperasikan untuk Asian Games 2018

Politik

Senin, 23 April 2018

Ina Parliament. Palembang,

Komisi V DPR RI mendapat informasi dari PT Waskita Karya, dari 13 stasiun Light Rail Transit (LRT) di Palembang, Sumatera Selatan, akan ada lima stasiun yang akan diaktifkan dan beroperasi selama pelaksanaan Asian Games 2018, yang dilaksanakan mulai 18 Agustus 2018 mendatang.

 

“Sisa delapan stasiun lagi diprediksi belum selesai pada Agustus mendatang. Namun ditargetkan akan selesai pada tahun ini juga,” kata Wakil Ketua Komisi V DPR RI Ibnu Munzir saat memimpin Tim Kunker Komisi V DPR RI meninjau pembangunan LRT Stasiun Akhir di Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan, baru-baru ini. Lima stasiun yang nantinya akan beroperasi yaitu Stasiun Bandara SMB II, Palembang Icon, Ampera, Jakabaring dan OPI Mall.

 

Ibnu menjelaskan, dari hasil peninjauan, sejumlah kendala yang dihadapi pembangunan dalam penyelesaian proyek infrastruktur LRT sebagai pendukung Asian Games, antara lain masalah penambahan pembiayaan yang sedang didiskusikan oleh Kementerian Keuangan, akibat bunga bank yang pembayarannya telat. Kemudian ada dua titik girder yang sedang diperbaiki, serta listrik ke jalur LRT yang masih menyisakan utang. Sehingga penyelesaian pembayaran proyek diundur hingga tahun 2020.

 

“Kami berharap kendala tersebut bisa segera diatasi, agar pengerjaan proyek selesai tepat waktu dan sesuai target, dan bisa beroperasi sesuai waktu yang sudah ditentukan,” harap politisi Partai Golkar itu.

 

Sementara di tempat yang sama, Manajer Proyek PT Waskita Karya, Masudi Jauhari menjelaskan, pihaknya sedang melalukan pengerjaan yang sejauh ini sudah sesuai dengan target yang direncanakan. Pihaknya saat ini tengah fokus menyelesaikan Depo Jakabaring untuk menampung kereta yang bakal dilakukan perangkaian (assembling).

 

“Depo untuk uji coba kita masih ngejar, ada sepur kolong yang harus diselesaikan sampai awal Mei. Kalau dua kereta yang ada saat ini bisa menggunakan trek satu dan dua untuk stabling kereta. Untuk 6 trainset yang ada, depo ditargetkan sudah selesai,” terangnya. Soal kendala, sebetulnya kata dia tidak terlalu menghambat penyelesaian proyek LRT. Dia pun mengakui jika beberapa stasiun LRT memang belum bisa digunakan saat Asian Games mendatang. “Tapi, itu tidak akan menghambat operasional LRT yang ditargetkan Juli mendatang. Stasiun tetap kita selesaikan,” ungkapnya. (Q1Q1)

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Kontak

Head Office : Jl. Jend. Gatot Subroto Jakarta 10270.
Workshop : Jl. Kayumanis X no.8 Matraman Jakarta
( 021) 22986556 Fax. ( 021 ) 85905225 Hotline : 085256800088
085256800088
admin@inaparliamentmagazine.com / harling@inaparliamentmagazine.com