Home / Artikel Komisi VIII Dorong IAKN Ambon jadi Universitas

Komisi VIII Dorong IAKN Ambon jadi Universitas

Komisi VIII Dorong IAKN Ambon jadi Universitas

Pendidikan

Selasa, 11 Oktober 2022

Ina Parliament Jakarta  Sebagai salah satu Institut Agama Kristen (IAKN) di Indonesia, IAKN Ambon memiliki peran yang besar dalam hal pendidikan di wilayah timur Indonesia. Untuk itu, Anggota Komisi VIII DPR RI Matindas J. Rumambi mendorong IAKN Ambon agar nantinya dapat terus bertumbuh dan menjadi universitas. 

 

Sebab, menurutnya perguruan tinggi di wilayah timur Indonesia saat ini masih sedikit jumlahnya, sedangkan semangat anak-anak muda untuk masuk perguruan tinggi sangat tinggi. Sehingga kehadiran IAKN Ambon diharapkan dapat menjadi ruang akses pendidikan bagi anak-anak di wilayah timur Indonesia. 

 

"Problemnya, universitas negeri di wilayah timur masih sedikit, sementara banyak sekali anak-anak muda yang pengen sekali masuk ke perguruan tinggi, tetapi karena ekonominya kurang mampu, makanya kita harus mendorong kalau ada institut negeri yang akan ditingkatkan statusnya menjadi UKN," jelasnya usai pertemuan Tim Kunjungan Kerja Komisi VIII dengan rektor dan civitas akademika IAKN Ambon, di Ambon Maluku, Senin (10/10/2022). 

 

Terkait dukungan anggaran, Matindas juga mendorong penambahan anggaran-anggaran pendidikan seperti beasiswa dan anggaran penelitian. "Sepanjang ruang APBN kita cukup pasti kami dorong untuk penamaan anggaran, terutama anggaran-anggaran beasiswa untuk anak-anak berprestasi dan tidak mampu, kemudian anggaran-anggaran buat penelitian, supaya betul-betul perguruan tinggi akan memberikan sumbangsih yang luar biasa bagi pembangunan bangsa dan negara," imbuhnya.

 

Terakhir, Politisi Fraksi PDI-Perjuangan ini berharap keinginan IAKN Ambon untuk menjadi universitas dapat segera diwujudkan, sehingga akan mempermudah akses pendidikan di wilayah timur Indonesia. "Harapannya ini segera terwujud, karena begitu banyak anak-anak dari kepulauan yang ingin mendapatkan akses pendidikan perguruan tinggi yang murah," tutup Legislator Dapil Sulawesi Tengah tersebut.

 

Selain bertemu dengan rektor dan civitas akademika IAKN Ambon, tim kunker Komisi VIII juga melihat fasilitas pendidikan yang ada di sana. Salah satunya adalah melihat rumah moderasi beragama yang terdiri dari ruang kapel untuk beribadah, ruang solat dan ruang kampus ministry, serta ruang konseling bagi mahasiswa. (Humas)

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Kontak

Head Office : Jl. Jend. Gatot Subroto Jakarta 10270.
Workshop : Jl. Kayumanis X no.8 Matraman Jakarta
( 021) 22986556 Fax. ( 021 ) 85905225 Hotline : 085256800088
085256800088
admin@inaparliamentmagazine.com / harling@inaparliamentmagazine.com