Home / Artikel Kerahasiaan Data Kemiskinan Harus Terjaga

Kerahasiaan Data Kemiskinan Harus Terjaga

Kerahasiaan Data Kemiskinan Harus Terjaga

Politik

Kamis, 20 Februari 2020

Ina Parliament Jakarta : Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ihsan Yunus menilai kerahasiaan data kemiskinan di Indonesia harus terjaga dan tidak dengan mudah diakses oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Hal tersebut bertujuan agar meminimalisir tindak kejahatan yang akan terjadi, karena adanya informasi personal dalam data itu, sehingga masyarakat menjadi aman.

 

“Terkait data ini harus dirahasiakan karena seperti yang diketahui jika masalah data itu sangat bahaya sekali karena disitu ada namanya, usia dan pekerjaannya jadi Kemensos harus bisa merahasiakan data ini agar masyarakat menjadi aman,” papar Ihsan saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Sekjen Kementerian Sosial, di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Selasa (18/2/2020).

 

Anggota Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (F-PDIP) DPR RI tersebut mengatakan pada saat ini sudah banyak masyarakat yang menjadi korban dari data-data personal yang dengan mudah dilihat, sehingga sudah seharusnya Pemerintah merahasiakan identitas penduduk.

 

“Saya contohkan saat ini kita sering ditelepon oleh pihak kartu kredit dari bank-bank dengan menawarkan sesuatu hal tersebut, karena data kita di bank tersebut sudah diketahui (banyak oknum). Sehingga dengan mudahnya mereka menghubungi kita sama dengan data-data ini. Jadi sangat bahaya sekali,” kritik legislator dapil Jambi itu.

 

Seperti yang diketahui Kementerian Sosial selalu meng-update data-data kemiskinan yang ada di Indonesia, ini bertujuan untuk memudahkan langkah-langkah Pemerintah untuk terus memberikan bantuan dan memudahkan setiap beban masyarakat di seluruh Indonesia data tersebut berdasarkan hasil dari verifikasi dan validasi. (Humas)

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Kontak

Head Office : Jl. Jend. Gatot Subroto Jakarta 10270.
Workshop : Jl. Kayumanis X no.8 Matraman Jakarta
( 021) 22986556 Fax. ( 021 ) 85905225 Hotline : 085256800088
085256800088
admin@inaparliamentmagazine.com / harling@inaparliamentmagazine.com