Home / Artikel Kebaya Merupakan Identitas Pakaian Perempuan Indonesia

Kebaya Merupakan Identitas Pakaian Perempuan Indonesia

Kebaya Merupakan Identitas Pakaian Perempuan Indonesia

Sosial Budaya

Rabu, 11 Maret 2020

Ina Parliament Jakarta : Deputi Persidangan Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI Damayanti menyambut baik kebaya menjadi pakaian sehari-hari perempuan Indonesia. Menurut Maya, sapaan akrab Damayanti, kebaya melambangkan kesederhanaan perempuan Indonesia dan merupakan identitas pakaian perempuan Indonesia.

 

“Kebaya itu simple. Oleh karena itu saya menyambut baik adanya wacana menjadikan kebaya sebagai pakaian sehari-hari. Karena dengan demikian akan melestarikan kebaya. Melestarikan kebaya sama juga melestarikan budaya bangsa,” ungkap Maya usai membuka talkshow dalam rangka Hari Perempuan Sedunia dengan tema “Perempuan dan Kebaya”, di Perpustakaan DPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (10/3/2020).

 

Terkait dengan peringatan Hari Perempuan Internasional ini, Maya menilai peringatan tersebut menjadi salah satu tanda bahkan bukti nyata kesetaraan kesempatan atau peluang bagi wanita dengan pria. Dengan kata lain, perempuan atau wanita memiliki kesempatan yang sama untuk berkarya, berkiprah dan berprestasi di segala bidang yang sama dengan pria.   

 

Sementara itu, talkshow yang dipandu oleh Sali Susiana ini menampilkan dua narasumber, yakni Ketua Komunitas Perempuan Berkebaya Indonesia, Rachmi Hidayati, serta penyuluh dari Kementerian Sosial yang juga berprofesi sebagai komik (pembawa stand up comedy), Fenny Bross.

 

Pada kesempatan itu, Rachmi Hidayati menjelaskan hingga kini kebaya telah banyak dimodifikasi dengan berbagai gaya dan model. Serta dipadupadankan dengan berbagai kain nusantara. Meski demikian tetap ada pakem-pakem yang harus melekat dalam sebuah kebaya.

 

“Kebaya itu bukaannya ada di bagian depan, bagian kiri dan kanan simetris atau harus sejajar mengikuti lekuk tubuh, dan  bagian dadanya harus tertutup. Jadi jika ada yang memakai baju bahan brokat dengan resleting di belakang, itu bukan kebaya. Apalagi jika di sisi kanan dan kirinya dimodifikasi dengan potongan atau model yang tidak sama alias miring. Maka bisa dipastikan itu bukan kebaya,” jelas Rachmi. (Humas)

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Kontak

Head Office : Jl. Jend. Gatot Subroto Jakarta 10270.
Workshop : Jl. Kayumanis X no.8 Matraman Jakarta
( 021) 22986556 Fax. ( 021 ) 85905225 Hotline : 085256800088
085256800088
admin@inaparliamentmagazine.com / harling@inaparliamentmagazine.com