Home / Artikel Kapal Kepada Pelindo Diminta Fokus Atur Informasi Penumpang

Kapal Kepada Pelindo Diminta Fokus Atur Informasi Penumpang

Kapal Kepada Pelindo Diminta Fokus Atur Informasi Penumpang

Politik

Minggu, 05 Agustus 2018

Ina Parliament. Manokwari,

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Sigit Sosiantomo meminta PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) untuk fokus mengatur secara jelas mengenai kedatangan dan keberangkatan kapal. Hal ini guna memberikan informasi secara jelas dan pasti kepada para penumpang kapal. 

 

“Pemerintah sudah menugaskan Pelindo untuk mengatur aktifitas di pelabuhan. Oleh karena itu, Pelindo harus menjalankan tugasnya secara baik dan benar seperti yang diamanatkan pada Undang-Undang (UU) Pelayaran Nomor 17 Tahun 2008. Terutama dalam hal memberikan informasi kepada para penumpang kapal,” jelas Sigit usai meninjau fasilitas sarana dan prasarana serta pelabuhan laut Manokwari, Papua Barat, baru-baru ini.

 

Politisi PKS itu menilai dengan adanya informasi yang jelas, guna mencegah terjadinya persoalan yang terkait dengan human error. “Misalnya ada calon penumpang baru yang ingin naik kapal, namun tidak tahu ada informasi tentang kedatangan dan keberangkatan kapal, lalu kemudian memaksa masuk karena tidak ingin menunggu lagi untuk kapal selanjutnya. Lalu hal itu yang menyebabkan kapal kelebihan muatan,” ungkapnya. 

 

Karena, percuma jika fasilitas keamanan kapal sudah tinggi, namun tidak dibarengi dengan pengaturan penumpang kapal secara optimal. “Karena memang sudah tugas Pelindo untuk mengatur kapasitas orang dan barang agar kapal tidak kelebihan muatan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan berhubungan dengan keselamatan,” tuturnya. 

 

Untuk itu, politisi daerah pemilihan Jawa Timur itu mendorong kepada Pelindo, Syahbandar serta otoritas pelabuhan untuk fokus dalam mengerjakan tugas dan kewajibannya. “Jangan sampai lagi terjadi persoalan human error dikarenakan pengaturannya yang tidak jelas,” imbuhnya.(Q1Q!) 

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Kontak

Head Office : Jl. Jend. Gatot Subroto Jakarta 10270.
Workshop : Jl. Kayumanis X no.8 Matraman Jakarta
( 021) 22986556 Fax. ( 021 ) 85905225 Hotline : 085256800088
085256800088
admin@inaparliamentmagazine.com / harling@inaparliamentmagazine.com