Home / Artikel Indonesia Inisiasi Deklarasi Bersama Ketahanan Pangan Asia Tenggara

Indonesia Inisiasi Deklarasi Bersama Ketahanan Pangan Asia Tenggara

Indonesia Inisiasi Deklarasi Bersama Ketahanan Pangan Asia Tenggara

Politik

Jum'at, 05 April 2019

Ina Parliament. Jakarta,

Sebagai negara dengan 24 juta petani skala kecil, isu pertanian merupakan salah satu isu utama yang menjadi perhatian Pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo. Menyadari pentingnya diplomasi membumi yang berdampak langsung kepada masyarakat, Kementerian Luar Negeri memperkuat diplomasi pertanian Indonesia melalui penyelenggaraan konferensi yang fokus kepada pertanian keluarga dan pertanian skala kecil. 

Kementerian Luar Negeri didukung oleh Kementerian Pertanian dan Food and Agriculture Organization (FAO) of the United Nations menyelenggarakan “Regional Conference on Strengthening Southeast Asia’s Food Security, Nutrition, and Farmer’s Welfare through UN Decade of Family Farming” di Jakarta, Indonesia (4-5/4)

Pelaksanaan konferensi ini menunjukkan kepemimpinan Indonesia dan merupakan inisiatif Indonesia dalam melaksanakan resolusi Majelis Umum PBB no 72/239 2017 tentang UN Decade on Family Farming (2019-2028) yang menekankan peran penting family farmers sebagai salah satu key leaders dalam pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). ​

Konferensi diikuti para pejabat tinggi yang menangani 3 bidang utama, yaitu ketahanan pangan, nutrisi dan kesejahteraan petani, yang berasal dari ASEAN, Jepang, Korea Selatan dan Timor Leste. Serta turut dihadiri perwakilan dari organisasi internasional dan para pemangku kepentingan nasional.

Selain negara-negara di atas, perwakilan dari Badan-badan PBB di bidang pangan juga hadir, yaitu Food and Agriculture Organization of the United Nations (FAO), World Food Programme, dan International Fund for Agricultural Development (IFAD). Konferensi ini dihadiri oleh dua pejabat tingkat Menteri, yaitu Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dan Menteri Desa PDTT, Eko Putro Sandjojo, dan juga Wakil Menteri Luar Negeri, A.M. Fachir.

Selain itu, konferensi juga dihadiri oleh Asisten Direktur FAO Tingkat Regional Wilayah Asia dan Pasifik Kundhavi Kadiresan, mantan Wakil Menteri Perdagangan dan Wakil Menteri Pertanian Bayu Krisnamurthi, serta Sekretaris Jenderal AFA, Estrella A. Penunia.(Hans)

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Kontak

Head Office : Jl. Jend. Gatot Subroto Jakarta 10270.
Workshop : Jl. Kayumanis X no.8 Matraman Jakarta
( 021) 22986556 Fax. ( 021 ) 85905225 Hotline : 085256800088
085256800088
admin@inaparliamentmagazine.com / harling@inaparliamentmagazine.com