Home / Artikel Dyah Roro Apresiasi PT Smelting dan PT Freeport Rekrut SDM Lokal

Dyah Roro Apresiasi PT Smelting dan PT Freeport Rekrut SDM Lokal

Dyah Roro Apresiasi PT Smelting dan PT Freeport Rekrut SDM Lokal

Politik

Selasa, 28 Maret 2023

Ina Parliament Jakarta  Anggota Komisi VII DPR RI Dyah Roro Esti mengapresiasi PT Smelting dan PT Freeport Indonesia yang melakukan proses rekruitmen dengan memanfaatkan Sumber Daya Manusia (SDM) lokal yang berada di sekitar daerah operasional pabrik perusahaan berada atau berjalan, khususnya di wilayah Gresik, Jawa Timur. Dengan mengoptimalkan SDM lokal ini, harapnya, dapat meningkatkan ekonomi dan daya beli masyarakat.

 

“Saya dapat informasi bahwa ada sekitar 2170 pelamar namun sebanyak 1700 itu gugur, jadi menyisakan sekitar 470 kandidat. Dan kandidat-kandidat yang sudah terseleksi yang saya dapat info ini adalah dari daerah yang terkena dampak langsung dari kegiatan operasional,” ujar Roro sapaan akrabnya dalam Rapat Kerja Komisi VII dengan PT Smelting dan PT Freeport Indonesia di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Senin (27/03/2023).

 

Ia pun merincikan bahwa kandidat-kandidat terseleksi tersebut berasal dari dua kecamatan dan sembilan desa. Pertama, di Kecamatan Bungah tepatnya di desa Bedanten, Tanjungwidoro, Kramat dan Watuagung; Kedua, di Kecamatan Manyar, yakni di desa Karangrejo, Banyuwangi, Manyarejo, Manyar Sidomukti, dan Manyar Sido Rukun.

 

“Kami pada dasarnya apresiasi bahwa ini memang betul-betul merekrut tim sumber daya manusia yang berada di lingkaran inti dari operasional yang saat ini sedang berjalan,” tutur Politisi Fraksi Partai Golkar itu.

 

Di sisi lain, Roro juga menyampaikan aspirasi dari warga mengenai kelanjutan proses rekruitmen tersebut. Berdasarkan informasi yang ia dapatkan, rekruitmen ini dimulai dari 15 Februari dan saat ini telah memasuki tahap akhir interviu. Ia meminta penjelasan PT Smelting dan PT Freeport Indonesia mengenai kejelasan waktu pengumuman pasca tahap interviu ini.

 

“Nah saya ingin kejelasannya saja karena beberapa merasa resah, begitu ya, kok selama ini belum mendapatkan kabar? Dan tentunya kami berharap bahwasanya semua ini sesuai dengan Perda perlindungan tenaga kerja lokal di Gresik dan itu peraturannya juga sudah jelas di mana perusahaan merekrut 60 persen warga lokal,” pungkasnya.

 

Sebagai legislator daerah pemilihan Jawa Timur X yang meliputi daerah Gresik, ia pun sangat berharap PT Smelting dan PT Freeport Indonesia berupaya untuk terus memanfaatkan SDM lokal ini agar perekonomian masyarakat dan daerah semakin membaik dan meningkat.

 

“Karena sangat-sangat mempengaruhi multiplier effect yang ada di daerah, kami berharap bahwa dengan kita mengoptimalkan sumber daya manusia-sumber daya manusia di daerah kita otomatis bisa meningkatkan daya beli masyarakat, perekonomian daerah juga bisa semakin membaik kedepannya,” harapnya. (Humas)

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Kontak

Head Office : Jl. Jend. Gatot Subroto Jakarta 10270.
Workshop : Jl. Kayumanis X no.8 Matraman Jakarta
( 021) 22986556 Fax. ( 021 ) 85905225 Hotline : 085256800088
085256800088
admin@inaparliamentmagazine.com / harling@inaparliamentmagazine.com